0

Nikmat Kista

Kurang lebih 7 tahun yang lalu dia di vonis dokter bahwa di rahimnya terdapat Kista

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kista ovarium disebabkan oleh gangguan (pembentukan) hormon pada hipotalamus, hipofisis, dan ovarium. Kista ovarium terbentuk oleh bermacam sebab. Penyebab inilah yang nantinya akan menentukan tipe dari kista. Diantara beberapa tipe kista ovarium, tipe folikuler merupakan tipe kista yang paling banyak ditemukan. Kista jenis ini terbentuk oleh pertumbuhan folikel ovarium yang tidak terkontrol. Folikel adalah suatu rongga cairan yang normal terdapat dalam ovarium. Pada keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur. Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkan bendungan carian yang nantinya akan menjadi kista. Ada juga jenis Kista coklat (endometrioma) merupakan endometrium yang tidak pada tempatnya. Disebut kista coklat karena berisi timbunan darah yang berwarna coklat kehitaman. (masih banyak jenis kista yang lainnya, kista jenis diatas merupakan kista yang dimiliki 'dia' hasil diagnosa dokter)

Gejala
Sebagian besar wanita tidak menyadari bila dirinya menderita kista. Seandainya menimbulkan gejala maka keluhan yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggul. Rasa nyeri ini timbul akibat dari pecahnya dinding kista, pembesaran kista yang terlampau cepat sehingga organ disekitarnya menjadi teregang, perdarahan yang terjadi di dalam kista dan tangkai kista yang terpeluntir. 

Kutipan diatas aku ambil dari beberapa sumber. Kalau di baca sekilas sepertinya memang tidak sebahaya penyakit jantung, ginjal, atau bahkan kangker walaupun salah satu jenis kista bisa menjadi  penyebab kangker rahim. Alhamdulillah adek kecilku ini punya berkah kista yang tidak berbahaya. Kenapa aku sebut berkah karena dari kistanya lah aku banyak belajar.
Aku pernah melihat dia memegangi perutnya, wajahnya pucat, sesekali dia berusaha teriak dengan sisa tenaganya, kejang kemudian pingsan. Ternyata kejadian itu setiap bulan harus dia lalui, dia rasakan. Sebagian wanita pada umumnya pernah mengalami nyeri haid, sakit kan?????? kata dokter penderita  kista jauhhhhhhhhhhh lebih merasakan sakit dibanding dengan nyeri haid biasa. Allah selalu tidak pernah salah untuk memberikan nikmat kepada setiap mahluk-Nya. Ketika dia sadar dari pingsannya, "sakit banget ya de, kuat ya", kataku. "iya mba, baru hari pertama masih ada 6 hari lagi, harus dinikmati, disyukuri" dia jawab polos. Subhanallah.... 

Pertengahan 2007 dia operasi pengangkatan kista, setahun dia sembuh dengan harus rutin suntik hormon setiap bulannya. Tapi tahun berikutnya kista itu tumbuh lagi dan dia kembali merasakan sakit.
"alhamdulillah mba, allah kasih aku jatah rutin 7 hari dalam sebulan buat penghapusan dosa" kata dia waktu aku menemaninya  check-up rutin. 






0 comments:

Post a Comment